Pengertian Pengalaman Estetik

  Pengalaman estetik adalah tangapan seseorang terhadap benda yang bernilai estetis. Hal ini merupakan persoalan tentang psikologis sehinga pendekatan penelaahan mengunakan metode psikologi. Ada tiga pengertian yang dapat dirangkum dari para ahli yaitu:

1.Pengalaman estetis terjadi karena penyeimbangan antara dorongan-dorongan hati menikmati karya seni.

2.Pengalaman estetis adalah salah satu keselarasan dinamis dari perenungan yang menyenangkan, menimbulkan perasaan-perasaan seimbang dan tenang terhadap karya seni yang diamatinya atau terhadap suatu obyek yang dihayatinya, sehinga tidak merasa kehadiran dirinya sendiri. Pengalaman estetis jenis ini berhubungan dengan pengalaman mistis.

3.Pengalaman estetis adalah suatu pengalaman yang utuh dalam dirinya sendiri tanpa berhubungan dengan sesuatu diluar dirinya, bersifat tidak berkepentingan (disinterested) dari pengamatan yang bersangkutan. Pengalaman tersebut adalah penyerapan itu sendiri dan merupakan nilai intrisik.

  John Hospers menyebut pembuatan yang demikian ini menyerap demi penyerapan  (perceive for perceiving) atau penyampuran demi untuk penyerapan itu sendiri (perceiving for its own sake) dan tidak untuk keperluan sesuatu yang lebih jauh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar