Seni Relief

 
  Seni relief adalah karya seni 2-dimensi. karya seni relief  pengerjaanya dengan cara dipahat dan diukir. biasanya menggunakan media/bahan batu alam. salah satu contoh dari karya seni yang mudah kita temukan seni relief di Indonesia adalah di Candi Borobudur atau Candi Prambanan. nilai seni yang  artistik tidak hanya terletak di candi. seni relief yang terdapat di bangunan candi bukan sekedar hiyasan saja. tetapi juga menceritakan sesuatu yang berhubungan pada saat itu atau menceritakan candi itu sendiri. relief  di Candi Borobudur yang bercerita tentang ajaran Buddha Gautama. relief seni yang terletak di sebagai candi, dan candi itu pernah digunakan untuk ibadah biasanya memberikan pesan-pesan agama. patung tidak termasuk 2-dimensi meskipun cara pembuatanya juga dipahat. melainkan patung termasuk 3-dimensi.relief saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk menghias rumah. seni relief tidak hanya kita jumpai di bagunan candi saja. tetapi sekarang kita mudah menjumpainya di rumah-rumah penduduk.

Lukisan di Kanvas




  Lukisan di atas kanvas menciptakan nilai tambah dan tahan lama. jika kita melukis di atas kanvas, kita harus mengetahui karakter kanvas itu sendiri. dan kita juga harus memilih tema untuk menyelaraskan apa yang kita lukis nantinya, tentunya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. jika kita ingin melukis pada kain blacu mantel kita harus melapisi kain tersebut dengan plamir, agar cat tidak tidak terlalu banyak meresap dikain blacu. sehingga kita tidak terlalu boros dalam penggunaan cat dan hasilnya juga memuaskan. jika kita ingin langsung melukis tidak terlalu disibukkan dengan kain blacu yang harus melapisinya. kita bisa langsung membeli kain kanvas di toko yang sudah jadi. sebelum kita mengoreskan/menuangkan warna di atas kanvas. kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan dalam melukis.
1. kita harus memilih tema. untuk memudah kan kita dalam melukis.
2. lukisan. kita juga harus menyiapkan kanvas yang sudah dibuat tepat di (frame). Bingkai terbuat dari papan kayu, bingkai tersebut untuk membentangkan kain kanvas. dan pastinya ukuran bingkai sesuai dengan apa yang kitainginkan.
3. menyiapkan warna-warna cat yang dibutuhkan termasuk kuas, pisau palet, dan lainya. (alat pisau palet sangat berguna untuk pencampuran warna). 
4 lainnya. siapkan juga papan kayu ke bagian belakang frame sudah di kanvas landscape. bingkai kayu sangat berguna untuk kenyamanan kita dalam painting.
5. setelah mempersiapkan segala sesuatunya di tempat. terus mencari tempat yang nyaman, bersih dan tenang sehingga kita bisa menikmati dalam melukis dan menjiwainya. dalam rangka untuk menghasilkan suatu karya yang luar biasa.

Teknik Gambar Bentuk



  Dalam menggambar bentuk kita harus mengetahui teknik-teknik dalam menggambar bentuk. dalam bentuk gambar ada beberapa teknik yang sering digunakan oleh para seniman dalam mengambar, sebagai berikut:

1.Tehnik shading
teknik shading adalah teknik yang menciptakan kesan garis tebal dan tipis, garis patah patah atau melengkung garis. naungan garis gambar tipis padat biasanya untuk menunjukkan bentuk cahaya gelap terang pada gambar. garis patah biasanya rusak untuk menciptakan kesan bahwa kerutan wajah digambar. garis lengkung yang digunakan untuk menjelaskan apa yang diambil, misalnya, menggambar bentuk daun.

contoh gambar menggunakan teknik shading.

2. Tehnik fluke (dusel)
  Teknik penggambaran dusel adalah teknik dengan cara inscribe pensil dan kertas terus menggosok dengan jari atau handuk, kertas juga dapat menggunakan kapas. Teknik dusel sering digunakan untuk membuat gambar Hintergrund, sering digunakan untuk membuat kesan di air, jika gambar bertamakan tentang pemandangan danau.

contoh gambar menggunakan teknik dusel.
















3. Tehnik Saput
teknik saput adalah teknik di mana pengambaranya mengunakan kuas kuas. Teknik ini juga biasa digunakan dalam pembuatan bentuk bayangan.


contoh gambar menggunakan teknik saput.












4. Tehnik Pointiliring

Teknik penggambaran pointiliring adalah teknik dengan membuat titik-titik sebanyak mumgkin sehingga menampilkan sebuah bentuk yang kita inginkan.

contoh gambar dengan teknik pointiliring.



5.Tehnik Blok

eksekusi teknik blok adalah cara untuk memenuhi semua warna dengan bentuk plakat. Teknik ini  digunakan dalam pembuatan bentuk bayangan dalam gambar.

contoh gambar menggunakan teknik blok.



Patung ASIA


  Ada begitu banyak jenis jenis patung yang kita temui dan kita tahu. jenis patung yang terdapat di ASIA biasa di pengaruhi oleh peradaban agama Hindu, Buddha. banyak patung atau kuil yang mengajarkam agama Hindu dan yang paling banyak ditemui di negara Kamboja. patung atau bangunan candi yang paling terkenal di Kamboja adalah Angkor Wat, masyarakat melestarikan angkor wat dan selalu menjaga dan merawatnya.  angkor wat, candi atau kuil adalah sebuah bangunan yang terletak di kota angkor, negara camboja. dan angkor wat termasuk salah satu keajaiban dunia. angkor wat sendiri dibangun oleh Raja Suryavarman II pada abad ke-12. dan waktu eksekusi membutuhkan waktu lebih dari 30 tahun.

  Dalam patung patung di Indonesia dipengaruhi oleh ajaran agama yang paling banyak ditemukan di situs bangunan  hidup dan berbagi Candi Prambanan, di tempat lain di pulau Bali. di bagian candi ada patung 
bernama lorojongrang. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa. antara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. membangun bait suci, patung Budha pertama kali ditemukan di Candi Borobudur. Candi Borobudur termasuk keajaiban dunia. boro budur candi yang terletak di magelang kota, Central Java.

Lukisan dan Nama Aliran

Aliran Impressionisme

Aliran Abstrac


A;iran Dadaisme

Aliran Romantisme

Aliran Futurisme


Aliran Decorativ

Aliran Naturalisme

Aliran Surrealisme


Aliran Cubisme


Aliran Realisme

Seni Keramik

























Seni keramik  adalah cabang seni yang memproses bahan (tanah liat). Keramik berasal dari kata keramik yang berarti bentuk tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. keramik berasal dari bahasa Yunani. di tahun 1950 bahwa para ahli mendefinisikan sebagai hasil teknologi keramik. tanah liat yang telah melalui proses pembakaran dan dapat disebut sebagai ubin keramik, porselen yang kita kenal sebagai rumah lantai dan sebagainya. dalam seni keramik kuno bukan hanya untuk seni pakai, tetapi juga fungsi hias dalam kehidupan manusia. Fungsi pakai keramik untuk manusia seperti ubin, kendi, dan lain sebagainya, namun di zaman modern ini orang menempatkan seni dekorasi benda keramik sebagai hiyasan. cara apapun dalam pembuatan keramik terdapat berbagai macam teknik yang menggunakan teknik putar atau pilin juga bisa slep dan teknik lainnya. cara menghiasnya juga dengan berbagai macam teknik juga dapat mngunakan teknik toreh, timbul atau teknik tempel. seni keramik yang paling terkenal sampai saat ini adalah seni keramik dari cina.

Gambar


  Menggambar adalah bentuk display (karya) yang diberikan oleh seseorang untuk mengungkapkan imajinasi tertentu. atau untuk komunikasi dengan orang lain.

Bentuk gambar adalah hasil dari upaya untuk memindahkan objek di sekitar kita dengan semua kemampuan.  ke dalam kertas / kanvas dan membuat semirip mungkin seperti aslinya.

dalam menggambar bentuk ada dua cara yang digunakanya. yaitu

1. Bentuk gambar menggunakan alat (media) kering.

-kapur-pensil crayon-

-arang-pastel

2. Bentuk gambar menggunakan alat (media) basah

-tinta cat air

gambar seketsa biasanya mengunakan tinta. dan pengambaranya harus sesuwai dengan obyek yang di gambar. dalam garis besar seketsa menentukan objek foto.

bentuk: penggambaran obyek sesuai dengan bentuk objek yang berada di gambar (penekanan pada bentuk akurasi)

proporsi: perbandingan ukuran (panjang curam) sesuai dengan objek pemandangan. perspektif : adalah hubungan antara bagian-bagian dengan keseluruhan atau bagian-bagian satu dengan yang  lainnya.









Sifat Seni

  Karya seni modern di Indonesia memiliki sifat sendiri, yaitu:

  Sifat kreatifkreatif adalah sesuatu keasi yang baru yang belum pernah ada. mungkin ide atau gagasan / ekspresi. yang dihasilkan sehingga menjadi bentuk baru.

  Sifat Emosional: seni adalah ekspresi kehidupan emosional seseorang. dapat dikatakan kreatif jika ciptaan karyanya didasarkan pada kebenaran, dan keidahan karyanya dilakukan secara spontan.
Sifat Individu: hasilnya karya seni pada seseorang yang karyanya telah menciptakan karakteristik sendiri. karakteristik seni yang bersifat dari  mereka sendiri.

  Sifat Abadi: seni yang bersifat abadi dan seni akan hidup abadi. untuk jangka waktu lama tidak akan hancur oleh waktu dan ruang.

  Universal properti (keseluruhan): seni muncul di mana-mana di dunia dan tumbuh sepanjang masa. seni yang lahir dari masyarakat/dari kelahiran manusia.

  Seni Tradisional secara keseluruhan seperti apa yang sudah tertulis di atas. dan sifatnya seni tradisional timur, dengan wawasan dan bentuk seni yang lahir dari akar budaya sendiri. berasal dari kelompok etnis. dibentuk oleh pengaruh budaya Asia dan Timur Tengah sejak zaman Hindu,
Buddha dan Islam di Indonesia.

  Seni tradisional bersifat regional, seni tradisional meliputi: lukisan gua, patung, ornamen, dekoratif, arsitektur candi, masjid, rumah-rumah tradisional.

  Seni tradisional terdiri dari dua elemen
:
Seni Tradisional sebagai pendukung pernkembangan kebudayaan moderen yang kuat. dan pencetus karya seni moderen pertama kali di indonesia adalah: ( S. Sudjojono).

Arti Seni

  Artiseni Seni adalah yang dapat dinikmati melalui indera penglihatan maupun indra pendengaran. seni yang dapat dilihat contohnya: lukisan, ukir kayu, patung dan lain sebageinya. dan seni yang dapat di dengar adalah seni musik. sebuah karya seni memiliki fungsinya masing-masing yaitu:

1. Fungsi
Fisik Seni. fungsi fisik seni mencakup pemahaman atau hubungan dengan seni dari pikiran manusia. dan dalam tinjauan fisik dari semua hal yang dapat mencapai lima indra manusia. contoh seni pemandangan, perencanaan kota. dan sebagainya.

2. Fungsi individu. fungsi individu adalah untuk kepentingan manusia itu sendiri kepribadian. untuk kepentingan fisik.


3.
Fungsi Sosial. fungsi yang menampung karya seni seseorang dengan orang lain [masarakat]. kategorinya mengatakan hubungan sifat manusia manusiawi meningkatkan rasa tempat kemanusiaan untuk meningkatkan budidaya.

Seni adalah sesuatu yang memiliki nilai keindahan perasaan hak cipta manusia dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan manusia (kebutuhan jasmani dan rohani).
Seniman adalah orang yang membuat atau menciptakan karya seni dan diakui oleh komunitas mereka, diakui oleh masarakat.