Aliran Lukisan

  


  Lukisan adalah salah satu cabang seni rupa yang bersifat dua dimensi. lukisan merupakan kelanjutan  dari gambar. melukis biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan ide-ide/gagasan, atau untuk menggungkapkan perasaan, pengalaman, hati nurani, gejolak jiwa manusia. media yang digunakan untuk melukisan bisanya seperti kain, yang sering disebut (kanvas), kertas, papan, dan dinding bisa juga di jadikan sebagai media melukis. fotografi juga dapat disebut lukisan, dalam dunia seni sering di sebut melukis dengan cahaya. lukisan memiliki beberapa aliran yaitu.

1. ALIRAN REALISME: lukisan realisme sebuah lukisan yang mengambarkan keadaan sekitar/berbentuk nyata. misalnya melukis wajah dan dilukis semirip mungkin dengan model aslinya. tokoh seniman realis adalah RADEN  SALEH.


2. ALIRAN  NATURALISME: Naturalisme dari kata alami. gaya lukisan  yang menampilkan keindahan alam yang indah. contoh pelukisnya BASUKI ABDULLAH.

3. EKSPRESSIONIS: lukisan yang cara membuatnya dengan emosi yang terkontrol sehinga bisa menghasilkan sebuah lukisan yang luar biasa. pengerjaan lukisan ekspressionismepun sangat cepat. contoh pelukisnya adalah AFANDI.

4. ABSTRAK: Gaya lukisannya tidak terlihat bentuknya. contoh pelukisnya AMRIYAHYA.

5. SUREALISME:  lukisan yang mengambarkan sebuah hayalan, tidak nyata. ide melukisnya bisa juga dari mimpi atau imajinasi seniman itu sendiri. contoh pelukisnya DALI SALFAIDOR, LUSIA HARTINI.
         
6. IMPRESIONISME: lukisan yang menitik beratkan pada cayaha. dan fokus pada kesan gelap terang cahaya.

7. ALIRAN  FULTURISM: gaya lukisan yang menekankan kesan gerak.

8. KUBISME:  lukisan yang cenderung melakukan abstraksi objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi bentuk tertentu. tokoh-tokoh pelukisnya PABLO PICASSO.

9. ROMANTISME: sebuah lukisan yang cenderung membangkitkan kenangan romantis. dan menampilkan
keindahan di setiap sudut. Contoh pelukisnya RADEN SALLEH.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar